Banner
PPDBSIM PAS SMA Batik 1 Ska
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Dari Manakah Kamu Mengetahui tentang SMA Batik 1 Surakarta
Website
Koran
Teman
Lainnya
  Lihat
Statistik

Total Hits : 278716
Pengunjung : 48642
Hari ini : 28
Hits hari ini : 141
Member Online : 69
IP : 107.22.70.215
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

smabatiksatu    
Agenda
20 April 2014
M
S
S
R
K
J
S
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

PENTINGNYA PERILAKU DISIPLIN

Tanggal : 31-07-2012 09:33, dibaca 1041 kali.

 

Disusun Oleh : [ Makanimitta Siddhaprana. X-4 ]Bersikap disiplin wajib dilaksanakan oleh siapa pun, kapan pun dan dimana pun. Sebagai contoh, seorang siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah tidak akan lepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang telah diberlakukan di sekolahnya dan setiap siswa dituntut untuk dapat berperilaku sesuai dengan peraturan dan tata tertib tersebut. Kepatuhan dan ketaatan siswa terhadap berbagai peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolahnya itu biasa disebut disiplin siswa. Sedangkan peraturan, tata tertib dan berbagai ketentuan lainnya yang berupaya untuk mengatur perilaku siswa disebut disiplin sekolah.

Disiplin sekolah adalah usaha sekolah untuk memelihara perilaku siswa agar tidak

menyimpang dan dapat mendorong siswa untuk berperilaku sesuai dengan norma, peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

Tujuan dari pentingnya perilaku displin yaitu untuk mengarahkan, mengajarkan dan memudahkan manusia supaya teratur. Karena perilaku disiplin sangat penting dalam perkembangan pribadi dan masa depan yang bersangkutan.

Disiplin adalah suatu sikap moral yang terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai–nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban berdasarkan acuan nilai moral.

Peserta didik SMA Batik 1 Surakarta adalah warga negara terdidik sudah sewajarnya bersikap baik, loyal, tertib sehingga  pantas dijadikan contoh bagi warga terdidik dalam kehidupan peserta didik. Kehidupan peserta didik adalah waktu yang sangat tepat untuk pembentukan kepribaian, mental dan karakter.

Tata Tertib peserta didik bukan sekedar kelengkapan sekolah, melainkan merupakan bagian dari kehidupan peserta didik dan merupakan kebutuhan dari peserta didik itu sendiri. Ha tersebut tertuang dalam: 1) Hak-hak Peserta Didik: 2) Kewajiban yang Harus Dilaksanakan; 3) Masuk Sekolah atau Kelas; 4) Memulai dan Mengakhiri Pelajaran; 5) Ketentuan Pakaian Seragam Sekolah; 6) Uang Sekolah; 7)Pengurus Kelas; 8) Mutasi Peserta Didik; 9) Kegiatan Ekstrakulikuler; 10) Ketertiban yang Harus Ditegakkan; 11) Kebersihan dan Keindahan; 12) Jenis Pelaggaran dan Sanksinya; 13) Penghargaan Bagi Siswa Berprestasi

Jabaran UUD 1945 tentang pendidikan dituangkan dalam Undang-Undang No. 20, Tahun 2003. Pasal 3 menyebutkan bahwa,“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Berangkat dari fungsi pendidikan nasional tersebut, maka SMA Batik 1 Surakarta menyikapi adanya pelarangan peserta didik berjudi, minum minuman beralkohol, menggunakan narkoba, membawa HP, merokok, menjadi anggota geng, berkelahi, dan sebagainya. Pelarangan tersebut  memiliki alasan yang paling mendasar yaitu terbentuknya pola kehidupan peserta didik yang memiliki arah dan tujuan sesuai dengan fungsi dalam pendidikan nasional. 

Ruang lingkup kedisiplinan sangat luas meliputi disiplin diri sendiri, disiplin sosial dan disiplin nasional sebagai disiplin berbangsa. Disiplin diri atau pribadi adalah ketentuan-ketentuan atau peraturan-peraturan yang hanya berlaku bagi diri seseorang. Contohnya pada kedisiplinan beribadah, disiplin belajar, dan disiplin belajar dan bekerja. Disiplin sosial adalah ketentuan-ketentuan atau peraturan-peraturan yang harus dipatuhi oleh keompok, orang banyak atau masyarakat. Contoh kedisiplinan tersebut terlihat pada kedisisiplin menghadiri rapat, disiplin bergotong-royong dan disiplin berlalu lintas. Disiplin nasional adalah adalah ketentuan-ketentuan atau peraturan-peraturan adalah norma kehidupan berbangsa dan bernegara yang harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat. Contohnya: Disiplin membayar pajak dan Disiplin mengikuti upacara bendera.

Disiplin sebagai pedoman kepatuhan memiliki cakupan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas, melaksanakan kebijakan, dan melaksanakan dalam program kegiatan sekolah. Pedoman melaksanakan tugas dan kewajiban disiplin Sebagai seorang siswa, tentu tugas dan kewajibannya adalah belajar. Salah satu prinsip belajar adalah latihan dan ulangan. Adapun tugas di sekolah mencakup mengerjakan latihan-latihan tes atau ulangan harian, ulangan umum ataupun ujian, baik yang tertulis maupun lisan. Melaksanakan kebijaksanaan dalam aturan tata tertib SMA Batik 1 Surakarta, siswa dilarang membawa HP ke kelas atau lingkungan sekolah untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, ada satu kebijakan yang diberikan oleh sekolah. Siswa boleh membawa HP dengan syarat harus dititipkan di BK atau Kesiswaan dan HP tersebut dalam kondisi ON. Sedangkan program dan kegiatan sekolah meliputi cakupan pada: 1) Kemitraan dengan Sekolah Menegah Pertama; 2) Kemitraan dengan Sekolah Menegah Atas; 3) Sister School dalam dan Luar Negeri; Kemitraan dengan Perguruan Tinggi; 4) Kemitraan dengan Dunia Usaha dan Industri; 5) Kemitraan dengan Alumni; Kemitraan dengan Komite dan Stakeholder; 6) Pengajian sekolah; 7) SKJ; 8) Study Tour; 9) Class Meeting; 10) Workshop; 11) Buka Bersama; 12) Halal Bi Halal Sekolah; 13) Halal Bi Halal Yayasan; 14) Ekstrakulikuler seperti Paskibra; 15) Jurnalistik; 16) PKS; 17) Broadcast; 18) PMR; 19) English Activities; 20) Amoeba Pala; 21) OSIS; 22) KKI (Kegiatan Kerohanian Islam), dan 23) Photography.

Konsep Kedisiplinan di Sekolah diterapkan dalam bentuk tata tertib di sekolah dan tata tertib di kelas. Tata tertib di sekolah di mulai dari tertib berpakaian dan bersikap sopan, tertib melaksanakan upacara, tertib SKJ, tertib proses belajar mengajar, tertib bergaul,tertib berorganisasi, tertib ekstrakulikuler, tertib berseri, tertib pengajian, dan tertib beribadah. Bentuk Kedisiplinan di Kelas dimulai dari dibentuknya pengurus kelas yang bertugas untuk menjaga ketertiban dan kebersihan kelas secara bergiliran, membentuk jadwal piket, mengurus kelas bertugas menyiapkan segala perangkat kelas yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar, siswa harus membersihkan ruang kelas, merapikan, merawat dan menjaga alat-alat serta barng-barang yang ada didalam kelas, pengurus kelas bertanggungjawab terhadap keberadaan ruang kelas sebelum dan sesudah guru mengajar.

MOS merupakan masa orientasi siswa yang selalu dilaksanakan di sekolah untuk menyambut kedatangan siswa baru. MOS dijadikan sebagai tempat sosialisasi kedisiplinan kepada peserta didik dengan melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan. MOS juga sering digunakan sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru hingga karyawan lainnya di sekolah. Serta pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Secara umum MOS memiliki tujuan yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan kedisiplinan di sekolah, yaitu: 1) Memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru; 2) Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya; 3) Memperkenalkan siswa pada keorganisasian; 4) Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah; 5) Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat dan minat mereka; 6) Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai penanaman iman, ilmu dan amal; 7) Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.

Apakah semua peserta didik sudah melaksanakan kedisiplinan yang telah diterapkan oleh sekolah? Disiplin di sekolah tidak hanya berkaitan dengan masalah seputar kehadiran atau tidak, terlambat atau tidak. Hal itu lebih mengacu pada sikap mendidik untuk pembentukan sebuah lingkungan yang kondusif dimana di dalamnya terdapat aturan bersama yang harus ditaati secara bersama. Siapapun yang melanggar harus berani mempertanggungjawabkan perbuatannya secara bertanggungjawab. Setiap pelanggaran atas kepentingan umum di dalam sekolah diberi sangsi dengan hukuman yang bersifat mendidik. Dengan demikian siswa mampu memahami bahwa kedisiplinan memiliki nilai yang harus di junjung ketegakkannya demi stabilitas, kondusif, dan harmonis dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas.



Pengirim : Makanimitta Siddhaprana. X-4
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : EdwardKi -  [xyzuhyjypog@hotmail.com]  Tanggal : 13/04/2014

Thanks meant for offering such wonderful posting.

My Website - http://portageparkdistrict.org/

Pengirim : Donaldwese -  [coteqovyzim@hotmail.com]  Tanggal : 10/04/2014

I value the information on your websites. Regards.
My Website - http://ts4arts.org/sales/

Pengirim : MichaelCasp -  [mimawaduqize@hotmail.com]  Tanggal : 09/04/2014

Thanks for the purpose of providing this type of great subject matter.

My Website - http://drugstorepdfsearch.com

Pengirim : KennethJery -  [gonykovobub@hotmail.com]  Tanggal : 08/04/2014

thank so a lot for your web site it helps a lot.
My Website - http://drugstorepdfsearch.com

Pengirim : RichardSt -  [hygijinozimo@hotmail.com]  Tanggal : 05/04/2014

thank a lot for your site it assists a lot.
My Website - http://drugstorepdfsearch.com

Pengirim : WilliamNuh -  [vequdyhezylu@hotmail.com]  Tanggal : 03/04/2014

Terrific Site, Keep up the beneficial job. Thank you so much!
My Website - http://drugstorepdfsearch.com

Pengirim : Michaelgent -  [nukadumapyw@hotmail.com]  Tanggal : 03/04/2014

Thanks! This is definitely an good web-site.
My Website -http://pharmpdf.com/

Pengirim : AlbertCiz -  [melonimaroto@hotmail.com]  Tanggal : 31/03/2014

Great looking site. Assume you did a whole lot of your very own coding.
My Website - http://healthdrugpdf.com/

Pengirim : Porterthep -  [wezybivojyf@hotmail.com]  Tanggal : 31/03/2014

Thanks a ton for sharing your neat web site.
My Website - http://medicpdf.com/

Pengirim : KennethPum -  [nikaxywotaqo@hotmail.com]  Tanggal : 30/03/2014

The info is amazingly intriguing.
My Website - http://pharmapdf.com/


   Kembali ke Atas